Saturday, December 31, 2016

Pengertian Router


  Assalammualaikum wr. wb
disini penulis akan membagikan informasi yang telah penulis dapatkan dari temp pkl yaitu di BLC Telkom Klaten.

A. Latar Belakang
     
Untuk membagikan informasi

B. Maksud dan Tujuan 
    
Maksud dan Tujuan adalah untuk membagikan informasi yang telah penulis dapatkan untuk para pembacanya.

C. Pengertian Router
    Pengertian router. Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.

D. Fungsi Router
Fungsi router
Router memiliki fungsi utama untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya IP address yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung serta melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet.

E. Cara Kerja Router
Router bekerja dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut dengan routing. Dengan teknik routing tersebut, router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut akan dituju, apakah berada pada satu jaringan yang sama atau berbeda.

Cara kerja router

Cara kerja router dapat dilihat pada gambar diatas. Pada gambar diatas terdapat dua buah network yang terhubung pada sebuah router. Network yang berada pada sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router mempunyai alamat 192.168.1.0 serta pada network yang sebelah kanan yang terhubung ke port 2 router mempunyai alamat 192.155.2.0.
  • Komputer A mengirim sebuah data kepada komputer C, router tidak akan meneruskan data tersebut kepada jaringan yang lainnya.
  • Begitu juga apabila ketika komputer F mengirim sebuah data kepada komputer E, router tidak akan meneruskan paket data tersebut kepada network yang lainnya.
  • Barulah ketika komputer F mengirimkan sebuah data kepada komputer B, router akan meneruskan paket data tersebut ke komputer B.
F. Kesimpulan
    Dari peryataan diatas kita dapat mengetahui apa itu router, fungsi router dan  bagaimana cara kerja router.

terima kasih sudah mengunjugi blog ini , wassalammualaikum wr. wb.

Related Posts

Pengertian Router
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
September 23, 2017 at 5:48 AM

Bagus sekali !
artikelnya bermanfaat sekali kang :)
bisa menjadi referensi untuk saya.

Mohon kunjungan balik ya di Klik

Disini


TeknikKu-pedia | TeknikKu-pedia

=== TeknikKu-pedia | TeknikKu-pedia ===

Reply