Wednesday, December 28, 2016

Pengenalan linux mint


Assalammualaikum wr. wb
 disini saya akan mengenlkan tenatang apa sih linux itu dan apa sih  Open Soure itu

A. Pengertian Linux Mint
    Linux Mint adalah sistem operasi Linux yang merupakan suatu distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu, dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.


Linux disebarkan secara luas dengan bebas di bawah lisensi gnu, General Public License (GPL) atau lisensi publik umum yang pertama kali oleh Richard Matius Stallman merupakan fokus asli Free Software Foundation (FSF) pada pertengahan Tahun 1980yang berawal dari keresahan pembatasan hak (lisensi) penggunaan sebuah perangkat lunak.
B. Pengertian GNU
    GNU adalah (Genuine Not Unix = bukan mesin unix) jadi linux memungkinkan bagi pengguna membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerjanya mengubah, atau memodifikasi kodenya, mendistribusikannya lagi dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada padanya 
C. Pengertian Unix
     Unix adalah satu dari banyak sistem yang menentukan prilaku sebuah komputer. Unix adalah sistem operasi yang memungkinkan sebuah komputer dipakai sekaligus oleh banyak orang (multiuser). Unix menyediakan beberapa peralatan untuk menyelesaikan berbagai masalah, serta untuk berkomunikasi. Unix dapat ditemui di hampir semua jenis komputer. Meskipun terdapat banyak variasinya, pola kerjanya bisa dikatakan serupa. Ini salah satu alasan mengapa Unix begitu populer.
  Yang paling penting untuk diketahui adalah, komputer hanya melakukan apa yang 'diajarkan' (baca: diprogram) padanya. Ia tidak dapat melakukan improvisasi. Jadi, ketika kita bekerja dengan sebuah komputer, sebenarnya kita tidak berinteraksi dengannya, melainkan dengan orang yang memprogram komputer tersebut.
  Linux memiliki banyak Varian atau yang biasa dikenal dengan Distro (Distribusi Sistem Operasi), hal ini disebabkan oleh konsep pengembangan Open Source dan lisensi yang digunakan GNU/GPL.
1. Debian,
2. Redhat
3. Slack

D. Pengertian Open Source
   Open Source dalam bahasa Indonesia berarti Kode Terbuka. Kode yang dimaksud adalah kode program .Kode yang dimaksud adalah perintah-perintah yang diketikkan bedasarkan logika yang benar.
Berbeda dengan widows yang menggunakan closed Source.
  • Program hanya dimiliki pembuatnya (terikat).
  • Pengguna hanya dapat menggunakan jika membeli lisensi (mendapatkan izin).
  • Pihak lain tidak dapat mempelajari cara kerjanya (tertutup), tidak pula mengembangkan dan menyebarluaskan.
Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Pengenalan Sistem Operasi Linux Mint: http://dosen.gufron.com/artikel/pengenalan-sistem-operasi-linux-mint/4/
Berikut beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh Linux Mint:
  • Linux Mint sangat fleksibel, mudah dan cepat untuk di install, seperti halnya Windows.
  • Linux Mint sangat mudah digunakan, yang menjadikan Linux Mint sebagai Linux yang seperti Windows.
  • Dukungan penuh Ubuntu Distribution dan Debian Distribution, menjadikan aplikasi-aplikasi Linux Mint sangat mudah untuk di install.
  • Up to Date. Linux Mint sangat konsisten dalam urusan update dengan dukungan “Service after Install” yang handal.
  • Linux Mint sangat mendukung pemula Linux. Linux Mint didukung aplikasi repair yang handal sehingga para pemula Linux tidak perlu takut error untuk mencoba hal-hal baru di Linux.
  • Linux Mint lahir untuk Desktop User Oriented, dimana Linux Mint sangat mengutamakan pengguna desktop dengan user interface atau tampilan yang dibuat sedemikian mudah untuk digunakan.
  • Linux Mint mampu menjalankan aplikasi atau software Windows menggunakan Wine.
  • Tampilan desktop Linux Mint dapat dimodifikasi.
  • Linux Mint dapat di Remastering atau dijadikan dalam bentuk file ISO sehingga dapat diinstall pada komputer yang lain.
Terima kasih telah mengunjugi blog ini, Wassalammualaikum wr. wb.

Referensi

Linuxhttps://en.wikipedia.org/wiki/Linux

Related Posts

Pengenalan linux mint
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.